Ingin share sedikit mengenai cara perpanjangan paspor via online. Berhubung bulan Juni 2014, paspor saya sudah expired, maka sekurang-kurangnya 6 bulan sebelumnya, sudah mulai mengurus buku paspor yang baru. Cara konvensional yang sering ditempuh adalah datang sepagi mungkin ke kantor imigrasi setempat, atau datang santai namun menggunakan jasa calo dengan membayar sedikit lebih mahal. Tapi saat ini ada cara baru yang baru tahun 2013 dirilis dan masih percobaan, yaitu pendaftaran secara online. Karena masih baru, kantor imigrasi yang baru menerapkan cara ini hanya 2, yaitu Kantor Imigrasi Jakarta Pusat dan Kantor Imigrasi Jakarta Barat.

Berikut langkah-langkah pendaftaran secara online:

  1. Mendaftarkan diri via Online pada link berikutย | Revisi [06/07/14]: Link Update disini
  2. Pilih Pendaftaran Perseorangan. Lalu isi data registrasi dan data pribadi
  3. Pada form registrasi akan ditanyakan waktu kedatangan, tanggal beserta jam yang diinginkan. Ada kuota pada masing2 sesi, jadi daftarlah dari jauh-jauh hari
  4. Setelah selesai, pemohon akan dikirimkan bukti pra pendaftaran ke email masing-masing. Harap disimpan dan di print.
  5. Lakukan pembayaran pada kantor cabang BNI terdekat. Harus ke loket, tidak bisa transfer. Sebenarnya bisa bayar di kantor imigrasi, namun kalau sedang ramai, akan memperlama proses. Lebih baik lakukan pembayaran sebelum hari H. Di cabang BNI, cukup bawa form bukti pra-pendaftaran tadi dan serahkan ke teller. Harganya IDR 255.000 dan IDR 5000 untuk biaya administrasi. Jadi total IDR 260.000. Selanjutnya pihak bank akan memberikan bukti transfer dan disimpan baik-baik jangan sampai hilang.
  6. Dokumen yang harus dipersiapkan adalah Kartu Keluarga terbaru, KTP, Paspor Lama, Akte Kelahiran, Bukti Transfer Pembayaran dan Bukti Pra-Pendaftaran. semua dokumen bawa fotokopi ukuran A4 dan bawa pula aslinya.

Kebetulan saya melakukan pendaftaran di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat. Denah dari kantornya kurang lebih seperti ini

7NTSJWs

iLt9Zrw

Bila dokumen yang dipersiapkan sudah lengkap dan sudah mantap, langsung ambil map kuning di koperasi belakang. Untuk mengambil Map Kuning ini gratis, cukup memberikan fotokopi bukti pra pendaftaran online dan selanjutnya akan diambil oleh petugasnya. Masukin dokumen fotokopi kedalam map kuning (fotokopi KK, fotokopi KTP, fotokopi akte, fotokopi paspor lama dan fotokopi bukti pra-pendaftaran online).

Kelebihan dari mendaftar online adalah kita tidak perlu mengambil nomor antrian untuk registrasi, bila loket registrasi sudah ada jeda dari orang sebelumnya, kita bisa langsung masuk ke dalam antrian dan melakukan registrasi dan pengecekkan kelengkapan dokumen. Bilang saja kalau sudah mendaftar online. Selanjutnya petugas akan meminta paspor asli dan meregistrasi data anda.

Setelah selesai registrasi di lantai 1, segera naik ke lantai 2 dan mengambil antrian. Oh iya, sekali lagi, kita harus sering bilang kalau kita mendaftar online, karena antrian pendaftar online dengan yang tidak itu berbeda. Jangan sampai salah. Dan penting juga datang sesuai jam yang tertera, misal kita pilih sesi jam 9.00, maka datanglah jam 8.30 paling telat. Tidak ada gunanya datang terlalu pagi, misal jam 7.00 pagi, karena proses interview dan foto, tetap dilaksanakan pukul 09.00. Daripada menunggu lama, lebih baik datang diwaktu yang sekiranya cukup saja. Kemarin saya datang pukul 08.15. Lalu pukul 08.30 saya sudah siap untuk antri interview. Jadi kemarin menunggu agak lama juga.

Setelah ambil nomor antrian, segera ke loket pembayaran, bagi yang belum membayar, bisa bayar disini, namun jika sudah membayar, cukup menyerahkan bukti pembayaran asli ke loket dan dokumen kita yang ada di map kuning akan diambil untuk dimasukkan ke antrian interview.

Selanjutnya kita tinggal menunggu nomor antrian kita dipanggil sesuai jamnya. Di waiting room disediakan layar yang menunjukkan informasi antrian, antrian yang online dan yang tidak. Antriannya dipisah, jadi kemarin saya dapat nomor antrian 8, bandingkan dengan yang tidak online, sudah sampai nomor 70-an. Perbedaan yang cukup signifikan.

Ketika nomor sudah dipanggil, tinggal mengikuti proses interview dan foto di loket yang tertera pada layar. Selanjutnya kita akan diberikan bukti untuk mengambil buku paspor yang baru. Sebenarnya sehari bisa selesai, misal kita pilih sesi pagi sebelum siang, biasanya jam 15.00 sudah bisa diambil. Jika sesi siang menuju sore, baru diambil keesokkan hari nya.

Untuk yang yakin akan diambil pada hari yang sama, siapkan materai 6000 juga untuk mengambil paspor lama dibutuhkan materai. Materai bisa diperoleh dikoperasi bawah.

Mendaftar online banyak manfaatnya, selain mudah dan cepat, proses ini membantu kita melakukan proses secara legal tanpa calo ๐Ÿ™‚

 

48 thoughts on “Perpanjangan Paspor via Online”
  1. Sudah daftar perpanjangan paspor online tgl 25-2-2014, bayar 26-2-2014, datang ke kantor imigrasi jakarta barat, bilang online cuma beda nomor antriannya.
    Tapi ga ada gunanya. Balik lagi ke jaman dulu. Masih diminta isi formulir (apa gunanya isi formulir online?). Giliran menunggu perbandingan yg dipanggil 1 banding 2 dgn yang walk in (1 online 2 walk in). Petugas masih belum tau bukti pembayaran dari BNI (masih tanya2 ke atasannya). Total waktu yg diperlukan 4 jam. Apa gunanya mendaftar online kalau perlakuan sama dengan yang mendaftar walk in. Belum lagi antrian diserobot oleh “orang2 biro jasa”. Yang jelas ini merupakan kemunduran yang sangat tidak menyenangkan. Padahal tahun lalu waktu saya perpanjang paspor dengan sistem one day service, saya sangat kagum dengan pihak imigrasi. Sekarang….. Tidak lagi. Ini hanya mempermudah calo2 atau agen2 biro jasa untuk “blusukan

  2. Ternyata peminat aplikasi paspor online semakin meningkat. Ini halaman yang muncul sewaktu saya coba akses hari ini:
    ——
    Mohon Maaf
    Jumlah pengguna yang mengakses Aplikasi Layanan Paspor Online (Pra-Permohonan) sudah mencapai batas maksimum.
    Silahkan mencoba beberapa saat lagi.

    Copyright ยฉ 2014 Ditjen Imigrasi Republik Indonesia.
    All Right Reserved.

  3. Saya dulu bikin paspor lewat jasa calo. dan ada kesalahan dlam tahun lahir tdak sama dgn akte lahir. skrg sy mau perpanjang sndri lewat online dgn menginginkan data yg sama dgn akte lahir. kira2 ada syarat2 tambahan gak ya? mohon imfo nya thanks! !

    1. tidak ada sih harusnya, semua persyaratannya dasar. sama seperti pertama kali mendaftar. tp lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung ke mereka, karena ini kasusnya sudah pernah buat tapi salah ๐Ÿ˜€
      tapi karena itu data dasar, harusnya tetap dibutuhkan seluruh persyaratan dasar

  4. Thn 2013 sy sdh menjalankan proses pembuatan psprt online. Tp di kanim jkt timur. Tp knp mnrt info diatas saat ini hny bs di jakpus dan jakbar ya? apakah mmg spt itu ya skrg? krn sy berencana memperpanjang passport ibu sy. Terim kasih

  5. Saya coba utk perpanjang dg sistem online tapi selalu gagal saat upload dokumen.
    Padahal sdh dalam format JPEG dan size nya sekitar 1M, tidak lebih dari 1800KB.
    Pesan yg muncul selalu katanya “file harus format JPG/JPEG dengan ukuran 100 KB s/d 1800 KB”.
    Kira2 kenapa ya ?

    Thank you.

    1. walopun katanya minimal 100kb sampai maksimal 1MB, tetap saja yg bisa diupload hanya file dengan ukuran maksimal 300KB, dengan resolusi/ dimensi 827 x 1169.

  6. Keknya kenal deh dengan yang nulis ini .. ha ha .. tapi bener gak ya .. *sok kenal ..
    anyway, ini juga lagi mo buat paspor online .. senin (9 jun) besok bakal datang. tertulis suruh datang jam 08-14.00 .. kalau itu, lebih baik datang jam berapa ya?

    Thank you ..

  7. mba, untuk pengambilan paspor lama itu ada batas waktunya ngga ya? maksudnya saya kan kemaren itu bikin paspornya taun lalu nah kalo baru sekarang ngambilnya bisa nggak? soalnya mau bikin visa dan syaratnya termasuk paspor lama yg sekarang masih ada di kantor imigrasi.. thank you

    1. paspor lama itu yg udah ga berlaku?
      wah ko ditinggal di imigrasi?
      harusnya ikut dibawa pulang pas ambil paspor baru.
      ga yakin sih masih ada atau engga di arsip mereka, soalnya mereka harusnya ga nyimpan paspor kita

      telpon kantor imigrasinya saja ๐Ÿ˜€
      1 tahun itu waktu yg lama juga tuh

  8. nah makanya :I iya udh yg ngga berlaku.. aku ngga tau klo seharusnya diambil sekalian saat mengambil paspor baru.. kayanya udh ngga ada lagi deh udah lamaa soalnya ๐Ÿ™ thanks yaa infonya

  9. gan kalo paspor baru sudah jadi lalu paspor lama d beri ke kita lagi atau d tahan d kantor imigrasi….tlg info nya sobat semua…..
    masalahny d paspor lama ad bukti visa yg masih menjadi syarat jika ingin mengajukan visa baru….tq

    1. yang di fotokopi yang visa visa lama yg ada d paspor aktif saja. yg lama ga perlu.
      saya sudah pernah buat visa, dan hny otokopi yang trrbaru

      kalau angkutan umum saya kirang tau ๐Ÿ™‚ kmrn naik kendaraan pribadj

  10. oia gan satu lagi mhn penjelasanya yg lengkap
    kalo dari tangerang ingin ke kantor imigrasi jakarta pusat enaknya naik bis atau kereta atau busway…..dan mhn infonya soalnya sy d tangerang dan blum pernah kedaerah jakarta pusat apalagi kantor imigrasi..kalau naik bis mohon beri no bisnya dan turun d mana ya sobat smuanya……terimakasih banyak sebelumnya dan sesudahnya….may God bless you…

  11. kalo perpanjang online utk paspor anak apa jg sama? karena sy coba isi data, disuruh masukin no identitas, tempat & tanggal dikeluarkan, berlaku sampai kapan.. jadi bingung nomor apa yg harus dimasukin.. tlg infonya ya, thx ๐Ÿ™‚

  12. Saya kok tidak merasakan terbantukan.
    Sekarang saya berada di Tg Uban, Kepri, perjalanan dari Papua Barat ke Pekan Baru. Aku sudah bawa paspor lama, ijazah2 karena tidak punya akte lahir (ini kan tidak dicantumkan bagaimana jika tidak punya akte lahir), copy KK, ktp.
    Ternyata aku ke kantor imigrasi tg uban dan tidak diurus dengan macam2 alasan: minta surat lapor RT RW, surat izin atasan.

    Beda persepsi antar manusia imigrasi karena aku pernah perpanjangan di Jakarta, lancar sekali

  13. terus aku coba online, sudah isi formulir kok tidak ada respon, berarti tidak mudah dan tidak lancar, bergantung berada di daerah mana karena signal to

  14. Hari ini 12 dec 2014
    Saya coba memperpanjang paspor di kantor imigrasi kelas 1 jaksel
    Uda daftar online

    Dan trnyata sama aja
    Tetap antri seperti yang lain

    Dan lebih parahnya saya lupa gak bawa kk asli, jd harus balik dulu ke bandung
    Haduhh,, tambah pusing

    Jangan2 nanti harus bawa surat domisili pula lagi nih

    1. waktu itu saya tanya pak satpam. sewaktu bapaknya tahu saya sudah daftar online, saya disuruh langsung ke meja daftar ulang, tanpa perlu antri, memang jatuhnya disisipkan d antara antrian normal. tp tidak perlu mengantri seperti yang lain

  15. Saya ingin tanya,
    1. semua fotokopi dokumen sudah lengkap, tapi dokumen asli KK dan akte kelahiran nya ada di daerah asal saya di manado.
    Kira2 tanpa dokumen asli masih bisa berjalan proses perpanjangan paspornya atau tidak??
    2. Saya tinggal di daerah jakarta timur, tapi tertera diatas kantor yang melayani perpanjangan paspor hanya ada di jakarta pusat dan barat.
    Apa saya harus ke antara 2 kantor tersebut atau pelayanan online perpanjangan paspor di kantor jakarta timur sudah ada??
    Mohon minta update nya..
    thank you so much ๐Ÿ˜‰

    1. kl lokasi yg terima perpanjangan paspor online bisa dicek di website resminya imigrasi. tp sepertinya memang baru 2 itu saja.

      klmasalah dokumen asli saya kurang paham. atau coba saja di scan dokumen aslinya. lalubw fotokopi yg ad legalisir notaris begitu. yg ini hrs ditanyakan krna beda2.
      dl saya pernah buat paspor dikota lain dgn fotokopi. tp gak smw bgtu kayaknya

  16. Info dong
    Imigrasi memberikan waktu sekitar 7 hari semenjak penetapan tanggal kita mau datang nah kalau misal kita datang sebelum waktu yg sudah dipilih kita bisa ga ya?
    Tdnya udh pilih hri jumat tgl 9 cuma saya boleh cuti untuk rabu ini,,
    Tlpn ke call center gda yg respon begitupun tlpn ke kanim kelas 1 mampang jakarta selatan tempat saya akan bkin paspor
    Mohon infonya

  17. pengalaman saya perpanjang paspor online di Jakarta Barat. Tadi baru saja saya datang ke kantor imigrasi Jakarta Barat utk wawancara dan foto sesuai jadwal yg sdh kita pilih sebelumnya melalui online. saya sampai disana jam 8 lewat 15 menit. Disana kita antri utk ambil no.antrian, antrian antara yg on line dan walk in dibedakan dan no.antrian juga dibedakan. Saya dapat no antrian 23 dan 24 utk antrian on line. Dari saya tunggu sampai dipanggil giliran kurang lebih 2jam an. dan kelar kurang lebih jam 11. saya agak kecewa krn yg saya baca di internet jika kita daftar online dan kelar dibawah jam 12, paspor akan jd hari itu juga jam 15an tp ternyata paspor tsb jadinya kurang lbh seminggu kemudian padahal di tanda terima yg saya terima terdapat stempel yg bertuliskan “Paspor dapat diambil tiga hari kerja setelah foto”. Tapi kenyataannya saya foto hari selasa tp paspor bisa diambil hari Senin depannya jam 14an. Itu pengalaman saya perpanjang online di Kantor Imigrasi Jakarta Barat

  18. Saya agak kurang.nyaman di point ke 5.. Kita bayarnya harus ke bank BNI.. Ini kan namanya online.. Harusnya smua proses bisa online juga misal dgn tranfer.. Kalo harus ke loket kan namanya offline..

  19. Mau nanya kalau perpanjang paspor itu status paspor lama harus belum habis masa berlaku ya? Kalau sudah habis bagamana, jadi bikin paspor baru gitu?
    Lalu per hr ini saya sudah daftar online dgn status “perpanjang paspor” pdhl paspor lama saya sudah ckp lama habis masa berlaku, sebaiknya bgmn ya? Thanks

    1. walaupun paspor itu sudah habis masa berlakunya dan data anda masih ke save di pusat dirjen keimigrasian maka anda tetap applynya dengan perpanjang. bukan bikin baru. karena jika anda pilih bikin baru maka akan tertolak sistem. semoga jawaban ini dapat membantu anda ๐Ÿ™‚

  20. Thanks infonya. Baru selesai mengajukan proses pembuatan paspor online minggu lalu & minggu depan sudah dapat diambil. Tambahan info saja sekarang sudah tidak perlu upload document bawa asli Dan copy nya saja a4. Website imigrasi lancar saya buka sekitar jam 6-8 pagi. Thanks to Kanim Jakarta Barat.

  21. saya buat paspor melalui online, tapi pada formulir saya salah memasukan alamat dan tidak sesuai dengan KTP apakah itu dapat di revisi yaa? tapi data di KTP ,KK dan Akte semuanya Sama

Leave a Reply