Panduan Memilih Keyboard Mekanik

Jujur, saya sudah tahu keberadaan keyboard mekanik (Mechanical Keyboard) sejak lama. Namun saya selalu menghindari untuk membelinya, karena waktu itu saya belum bisa membedakan kenyamanan dari keyboard mekanik ini. Baru beberapa bulan lalu, saya ingin membeli satu keyboard, dan ternyata tidak semudah itu menentukan jenis mana yang harus dibeli. Sudah mahal, memilihnya pun sulit. Hadeuh….

Berikut saya ingin bercerita fase tentang perjalanan saya dalam membeli keyboard mekanik ini. Niatnya hanya punya satu, malah jadi beranak punya dua 😀

Dalam menentukan suatu pilihan hidup, ada baiknya selalu mempertanyakan dasar permasalahannya dengan 5W (+1H).

What is mechanical keyboard?

Untuk orang yang berkiprah di bidang teknologi, pasti sudah tahu apa keyboard mekanik. Tapi untuk orang awam, kadang tidak bisa membedakan perbedaan keyboard jenis ini dengan jenis biasa. Tahunya hanya, “keyboardnya mahal”. Mengutip dari sumber ini,

A mechanical keyboard is a keyboard built with high quality, typically spring activated, key switches.

Saya menggarisbawahi key switch. Perbedaan dengan keyboard biasa terletak di key switch. Di dalam keyboard mekanik, setiap tuts key nya memiliki switch nya masing-masing. Sedangkan keyboard biasa, semuanya menjadi satu. Terkadang kita menyebut jenis keyboard biasa dengan keyboard membrane. Karena tidak memiliki dedikasi switch masing-masing.

Ada berapa jenis Switch?

Jenis switch ada 3: Clicky, Tactile dan Linear. Perbedaannya bisa dilihat dari panduan Cherry MX berikut:

sumber: https://www.kitguru.net/peripherals/keyboards/matthew-wilson/the-kitguru-guide-to-mechanical-keyboard-switches/

Mudahnya, jenis Clicky itu berisik, karena setiap kita menekan key nya, akan ada suara klik klik kilk yang sangat mengganggu. Dulu saya tidak tertarik dengan keyboard mekanik karena berisik, saya tidak tahu kalau ada jenis lainnya, yaitu Linear, yang ringan dan tidak terlalu berisik, dan Tactile yang juga tidak terlalu berisik namun masih ada feedback dari peer nya saat menekan key nya.

Yang cukup terkenal itu switch berwarna Biru, Coklat dan Merah. Tiga swtich ini merepresentasikan masing-masing jenis switch yang ada di pasaran. Biru mewakili jenis Clicky, Coklat mewakili Tactile, dan Merah mewakili Linear.

Sejujurnya, saya tidak tahu mau beli yang mana saat itu, yang jelas saya mencoret Clicky type, karena berisik dan mengganggu sekitar. Sekarang pilihan saya antara Linear atau Tactile. Untuk memantapkan pilihan, lebih afdol kalau bisa coba langsung di tokonya. Jadi saya memutuskan untuk mencobanya terlebih dahulu.

 

sumber: https://gaminggem.com/cherry-mx-mechanical-switch-guide/

Rintangan selanjutnya adalah, akan membeli merk apa? Karena merk yang beredar di pasaran sangatlah banyak. Saya direkomendasikan merk yang terkenal, seperti Filco, Keychron, Leopold, Cougar dan Dugord. Masih banyak merk yang agak murah lagi, namun karena mahal saya memutuskan untuk memilih kualitas dulu. Saya diceritakan bahwa Filco masih awet sampai 10 tahun penggunaan. Tapi saya jatuh hati dengan Leopold. Karena dia punya variansi warna yang banyak sekali.

Saya pergi ke toko kommputer yang distribusi keyboard ini. Karena tidak sembarang toko menjual merk ini. Saya coba semua jenis switch yang ada, dan saya jatuh hati dengan Silent Red. Karena ringan dan suaranya nyaris teredam, tidak berisik. Namun, stok untuk jenis ini habis, dan akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Red swtich.

Sebagai referensi, berikut adalah jenis-jenis switch yang beredar di pasaran.

 

Who use mechanical keyboard?

Keyboard jenis ini sangat populer di kalangan gamer dan penggiat IT. Karena harganya yang mahal, jadi agak tersegmentasi target pasarnya. Namun, untuk orang yang hobi atau paham dengan kelebihan keyboard ini, pasti akan membeli satu.

Setelah mencoba mekanik, saya jamin akan sulit untuk kembali menggunakan keyboard biasa. Karena feel nya memang berbeda.

Where to buy mechanical keyboard?

Bisa beli secara offline dan online. Karena saya tinggal di Korea, saya beli secara offline. Karena disini sistemnya bisa testing dulu sebelum membeli. Karena membeli keyboard ini tidak bisa asal beli. Saya akan memberikan rekomendasi beberapa toko, jika anda kebetulan tinggal di Korea juga.

Leopold  | Keychron

When to buy mechanical keyboard?

Kapan saat yang tepat untuk memilikinya? Secepatnya ketika anda sudah lelah menggunakan keyboard biasa. Dan tentunya, ketika dananya sudah ada 🙂

Why buy mechanical keyboard?

Kenapa memutuskan beralih ke keyboard mekanik? Jujur, saya pribadi gara-gara melihat keycaps yang lucu-lucu untuk keyboard mekanik ini. Keunggulan dari keyboard ini selain bisa memilih jenis switchnya, keycaps nya pun bisa di custom sesuai selera. Nanti saya akan memberikan beberapa contoh custom keycaps.

Alasan selanjutnya adalah ketahanan dan kualitas.

Keycaps

Sebagai referensi untuk keycaps, bisa langsung cek di situs berikut:

Jenis-jenis profil Keycaps:

sumber: https://dev.to/codeidoscope/mech-keebs-101-customising-a-keyboard-5cbf

Yang sering saya temui adalah Cherry profile. Key nya cenderung rendah. Lebih mendekati key dari keyboard biasa.

Keyboard Layout

Tidak hanya switch, keycaps, merk saja yang harus dipikirkan saat membeli keyboard. Namun, jenius layout apa yang ingin digunakan. Secara umum, ada 3 jenis layout: Full, TKL dan Compact.

Layout ini dibagi berdasarkan jumlah key yang dipasang di keyboard.

  • Full, kira-kira ada 108 key, key nya lengkap sampai numpad. Atau biasa disebut 100% keyboard
  • TKL (Tenkeyless), sekitar 87 key. Mudahnya tidak ada numpad nya. Atau biasa disebut 80% keyboard.
  • Compact, sekitar 60an key. Tipe ini sangatlah compact. Atau biasa disebut 60% keyboard. Jenis ini sangat ringan, cocok untuk dibawa kemana-mana.

My Keyboards

Setelah mengalami kegalauan panjang, akhirnya saya memutuskan membeli Leopold Pink White FC750 OEM Red switch. Jenis TKL dengan OEM keycaps. Keyboard ini adalah keyboard primary saya. Saya gunakan untuk bekerja sehari-hari.

Lalu saya membeli Keychron K6 RGB Light Brown switch. Keyboard ini saya gunakan di rumah. Karena saya menggunakan Macbook dan beberapa produk Apple lainnya. Kelebihan Keychron adalah dia bisa terhubung ke banyak device, sangat cocok untuk layout produk Apple. Mengenai detail, mungkin akan saya tulis di lain kesempatan.

%d bloggers like this: