Hari kedua di Jepang, tepatnya 8 Juni 2013. Hari yang sama saat diadakannya konser AKB48 bersama sister group lainnya, yang mereka claim sebagai konser di stadium terbesar, lebih besar dari konser mereka saat di Tokyo Dome sebelumnya, yap Nissan Stadium. Nissan Stadium ini cukup bersejarah buat Jepang. Stadium dimana Final Piala Dunia 2002 sempat terjadi disini.

Dan konser inilah yang jadi motivasi kita buat ke Jepang, buat menyaksikan konser terbesar mereka ini (walaupun gagal juga haha). Singkatnya sih saya relied on my friend buat tiketnya, tapi ternyata konser kali ini lebih sulit, baik info dan tiketnya tidak terbuka untuk international fans. Jadi intinya kita ga dapet tiket lah. Tapi kita tetep hari H bakal ke Nissan Stadium di Yokohama, naik Shinkansen. Horeee. Hari pertama naik shinkansen, hari pertama kita pakai JRPass kita hehe nuker tiket JRP juga ga d semua stasiun ada, dipetunjuk ada sih lokasi2 yang ada tempat penukarannya, kemarin lupa nuker dimana, ntah stasiun Ueno atau Tokyo.

Kalau naik shinkansen itu kita punya 2 opsi, untuk yang ordinary pass ya, Reserved seat atau non-reserved seat. Reserved seat itu ya booking nomor kursi, tapi ga d charge biaya lagi. Kalau non-reserve, ga booking, jadi langsung aja ke peron buat antri masuk gerbong, kalau masih ada kursi ya syukur, kalau gada ya mari kita berdiri haha. Sewaktu ke Yokohama, kita ga reserved seat, karena masih dalam kota. Perjalanannya cukup singkat, ga sampe 30 menit kalau ga salah. nama Shinkansenya Hikari. jadi disana shinkansen pun ada namanya haha

Begitu sampai Yokohama, kita harus naik monorail lagi untuk ke stadium Nissannya. Ga gitu jauh sih, Cuma jarak 2 stasiun. Lumayan gersang dan panas disana dan sepi, kayak bukan daerah pemukiman. Begitu sampai lokasi, kita dibagi 2 tim, tim antri merchandise konser dan tim mencari tiket. Saya ikut tim yang nyari tiket karena lumayan ngerti bahasa jepang, jepang karbitan xD

IMG_2483Bingung harus mulai dari mana, pertama nyamperin bagian informasi resmi, udah pasti jawabannya kl ga punya tiket ga bisa masuk, karena gada system OTS (On The Spot), oke, kita keliling mencari orang2 yang mencurigakan, yeah you know what I mean. Gada yang mencurigakan, adanya orang2 penjual photopack haha Itu stadium gedenya setengah mati! Udah dehidrasi kali kita keliling stadium berapa kali, tapi gada penjual apapun disekitar stadium. Akhirnya kluar dari area stadium, syukurlah nemu vending machine. Singkat cerita, kita ga nemu apa2, akhirnya ga dapet tiket dan ga bisa nonton, Cuma dengerin lagu2 mereka dari luar stadium. Beginilah Jepang, luar biasa, beda jauh sama Indonesia haha disana semua rapi, tertib, bersih dari calo. Salut! Ditambah lagi kita foreigner, tambah susah lagi haha yeah at least udah menginjakkan kaki di stadium bersejarah itu yang memang scenerynya bagus.

Next: Maid Café ikuzou…

Waktu udah mulai sore, kita bingung mo kemana, akhirnya setelah discuss, lagi2 terbagi 2 kubu, ada yang mau ke Tokyo Tower, ada yang mau cari barang lagi di Akihabara. Akhirnya saya ikut yang ke Akihabara, karena titipan barang dari temen banyak, plus kali aja nemu barang2 otaku buat saya sendiri haha jadi saya dan 2 temen lainnya, total bertiga dan saya cewe sendiri, menuju Akihabara, dan 4 lainnya menuju Tokyo Tower, dan Tokyo Dome.

Disini saya polos banget, 2 temen saya ini habis nyari barang bentar, terus langsung ngajak saya ke Maid Café! Ya itu kafe yang serving pake kostum ala maid gitu terus rata2 kawaii. Saya sih ga tertarik, tapi daripada sendirian jalan2 di Akihabara yang ga jelas mending ikut masuk menyaksikan teman2 saya cengar cengir hahaha target kita namanya At Home Café, katanya sih paling terkenal di district itu, deket sih dari stasiun akihabara. Jadi ada 3-4 lantai gitu, lupa pastinya, lantai 7 itu biasanya untuk foreigner karena maid-nya bisa berbahasa Inggris, lantai sisanya Japanese Language. Pas kita dateng sih sepi, yah maklum weekdays, jadi ga perlu antri, kalau misal kesana pas weekend, antriannya udah kayak uler sampe tangga-tangga haha. Tapi sayang, maid yang bisa bahasa Inggrisnya kosong, jadi gada pilihan selain ke lantai 6, modal nekat akhirnya masuk. Entrance Feenya 600 yen, alias duduk aja udah bayar 600yen haha wah bener, sampe dalem saya Cuma plonga plongo, soalnya berasa baca manga haha suara mereka, cara mereka serving customer, oh my god, anime banget xD akhirnya saya gemes sendiri haha habis kita duduk, ada maid yang nyamperin, dan tau ga? Alhamdulillah maid ini pinter bahasa inggris sedikit2 haha ternyata dia suka nyambi di lantai 7 juga. Namanya Maron. Saya ajak ngobrol bentar, dia bisa bahasa Indonesia sedikit, dia sih bilang kalau punya temen di Jakarta haha kelihatan pinter sih anaknya.

Back to menu. Jadi ada paket2 gitu, paket A, paket B dan paket A+B. paket A itu meals plus foto, yang B meals plus games. Nah ini saya masih jetlag, alias ga ngerti. Nah salah satu temen yang bareng saya tadi udah pernah kesini sebelumnya, jadi lebih familiar, ya akhirnya saya ikut dan nurut aja sugestinya dia apa. Dia bilang rugi kalau cuma beli paket A atau B, karena harganya ga beda jauh, mending pilih yang paket A+B, jadi meals plus foto plus games, nah lo kenyang, kenyang dah lo. Dan bener, gw merasa tertipu -_- gw kan niatnya Cuma mo duduk minum dan makan karena laper bgt belum sarapan dari pagi. Ya udahlah, gw ikutin aja. Jadi untuk foto, kita bisa pilih mo foto sama maid mana, gw pilih Maron karena lucu hahaha buat kasih gambaran, dia lumayan mirip Iwasa Misaki nya AKB48. Terus main games nya sama Mizukin, konon kabarnya Mizukin ini adalah maid no 1 haha udah experience lah, udah 5 tahun kerja disitu. Gila blunder lagi gw. Jago main gamesnya, gw kalah -,- orangnya juga ga kalah cakep haha

IMG_2491Seharusnya kita dapet waktu 60 menit buat di dalem, tapi karena hari ini sepi, kita jadi lamaaa banget, 90menit lebih ada kali, terus karena kita foreigner, kita jadi ditanya2in, terus foto bareng buat di post di homepage FB mereka. Wah kayak kejatuhan durian -_- tiba2 eksis. Terus pas udah beres, dapet souvenir gitu, sumpit ada logo bendera Indonesia-Jepangnya. Yah bener2 pengalaman yang luar biasa haha disini you’ll learn that not only male, but female also could enjoy staying at maid café. We can play together or even just talking. Kl saya sih seneng ngobrolnya haha banyak hal yang bisa dipelajari. Apalagi dapet kesempatan ngobrol sama Mizukin selama main game, itu asik lo haha maid yang udah experience loh dia xD she is smart and know how to treat people.

Akhirnya kluar dari sana udah malem, jam 8 kl ga salah. Udah capek banget, akhirnya kita balik penginapan. Yah selama jalan pulang, 2 teman saya ini hepi bener kwkwwk yak karena fan servicenya di maid café nya keren, beda ama yang di Indo punya, yah wlpn saya blm pernah coba, tapi kata temen saya yang di Indo hambar. Yep, memang yang original itu selalu lebih baik hahaha

Hari kedua tidak terlalu banyak jalan-jalan sih karena udah capek duluan di Nissan Stadium demi konser haha tapi capeknya terbayar dengan pengalaman di Maid Café. Someday we will visit you again haha

Expenses:

• Breakfast (Onigiri) – 100 yen
  • Breakfast (Milk+bread) – 250 yen
  • HKT48 Tshirt Concert – 2500 yen
  • HKT48 LS – 1500 yen
  • Maid Café – 3600 yen
  • Topup Suica – 1000 yen

TOTAL: 8950 yen = ~ IDR 895.000

One thought on “A Journey to Japan – Day 2: Largest Stadium in Yokohama”